Kolaborasi perusahaan di bidang keberlanjutan merupakan sesuatu yang cukup lumrah dewasa ini. Contohnya seperti yang dijalankan Tetra Pak dan Sinar Sosro.
Baru-baru ini, keduanya meluncurkan kampanye daur ulang bertajuk DAURI – Daur Untuk Negeri. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya daur ulang dan mendorong masyarakat Indonesia untuk mendaur ulang kemasan minuman bekas mereka.
Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan bahwa Indonesia berhasil mengurangi penumpukan sampah sekitar 12 juta ton pada tahun 2022, melebihi target nasional pengurangan sampah sebesar 30% pada tahun 2025.
Keberhasilan ini diatributkan kepada peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah, serta peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah.
Tommy Srihartoyo Soetoyo, Direktur Tetra Pak, menyampaikan kebanggaannya terhadap kemajuan yang telah dicapai Indonesia dalam mengurangi penumpukan sampah. Ia pun tidak lupa menjelaskan komitmen perusahaannya untuk mendukung upaya tersebut, demi membantu menciptakan masa depan yang lebih lestari untuk Indonesia.
“Karton bekas minuman merupakan bahan daur ulang yang berharga yang dapat didaur ulang menjadi produk baru. Dengan mendaur ulang karton bekas minuman, kita dapat mengurangi limbah dan melindungi lingkungan,” ujar Tommy.
Tommy menambahkan bahwa lewat inisiatif DAURI ini, baik Tetra Pak maupun Sinar Sosro bisa bersama-sama mendukung agenda nasional dengan mendorong tingkat daur ulang dan melaksanakan pengelolaan sampah yang lebih baik, yang pada akhirnya bisa berkontribusi pada ekonomi yang berkelanjutan.
Sebagai bagian dari kampanye ini, Tetra Pak dan Sinar Sosro akan melakukan sejumlah inisiatif edukasi kepada pemangku kepentingan terkait, termasuk berbagai kelompok masyarakat, pengepul barang bekas, dan sekolah-sekolah.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan bekas minuman dan memandu cara melakukan pemilahan guna memudahkan proses daur ulang.
Mengomentari kerja sama ini, Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer Sinar Sosro menjelaskan bahwa DAURI adalah kampanye keberlanjutan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen Indonesia.
Ia percaya kemitraan dengan Tetra Pak akan membantu mencapai tujuan keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.
“Bersama-sama, kami akan bekerja dan percaya bahwa setiap orang memiliki peran dalam menjaga lingkungan, dan kampanye ini merupakan ajakan bagi semua orang di Indonesia untuk melakukan bagian mereka dalam mendaur ulang,” jelas Sabrina.
Ini bukan pertama kalinya Tetra Pak dan Sinar Sosro menjalin kerja sama, dan keduanya sebenarnya sudah bermitra dalam berbagai kesempatan selama empat tahun terakhir.
Program-program yang dijalankan meliputi inisiatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen, meningkatkan pengumpulan dan pemilahan, mengembangkan fasilitas daur ulang, dan memanfaatkan bahan daur ulang.
Salah satu contoh kolaborasi kedua perusahaan adalah di acara Java Jazz Festival, yang memberikan edukasi kepada para pengunjung acara tersebut mengenai karton minuman dan praktik daur ulang yang tepat.