Samsonite, perusahaan asal Amerika yang sangat dikenal akan lini produk kopernya, berhasil menggelar program signature tahunan bernama Luggage Trade-in yang berlangsung mulai tanggal 6 September sampai 5 Oktober.
Lewat program ini, Samsonite mengajak konsumen yang sedang berburu koper baru untuk menukarkan koper bekas mereka ke gerai Samsonite di mana saja. Sebagai gantinya, mereka bisa mendapatkan diskon untuk pembelian produk baru Samsonite.
Program yang berlangsung selama 5 minggu ini sukses menghimpun lebih dari 1.000 koper bekas. Samsonite menerima koper bekas dalam berbagai kondisi dan merek.
Deretan koper bekas yang terkumpul juga terbuat dari beragam material, termasuk di antaranya material polipropilena, polikarbonat, ABS, poliester, aluminium, hingga bahan kain atau fabrik.
Rencananya, semua bahan ini akan di-upcycle oleh mitra Samsonite untuk tahun ini, yaitu WERGUD, biro kreatif produk daur ulang yang berbasis di Jakarta.
Pelaksanaannya sendiri akan dilakukan oleh GUDSTUDIO, salah satu departemen di bawah WERGUD yang memiliki spesialisasi dalam desain produk yang bertumpu pada perpaduan nilai kreativitas dan paham eco-consciousness (kesadaran akan pelestarian).
Nadya Pertiwi, Country Head PT Samsonite Indonesia, menjelaskan bahwa hasil akhir dari program upcycle ini akan dapat dinikmati masyarakat secara luas.
“Jika tahun lalu kami mendaur ulang plastik menjadi paving block yang dipasang di Taman Wisata Mangrove PIK di Jakarta Utara, maka tahun ini kami bermitra dengan WERGUD serta Plus Jakarta, guna ciptakan sesuatu yang bernilai lebih bagi komunitas, yaitu menciptakan produk untuk fasilitas umum di salah satu taman hijau di Jakarta,” ucap Nadya, seperti dikutip dari siaran pers.
Nadya juga mengatakan bahwa antusiasme terhadap program Luggage Trade-in tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Ia mengindikasikan bahwa program ini akan terus menjadi salah satu agenda rutin Samsonite ke depannya.
Hafizh, Direktur WERGUD, mengatakan bahwa kerja sama strategis ini menggabungkan kreativitas dengan kesadaran lingkungan sehingga memberikan nilai lebih (value added) bagi komunitas dan masyarakat.
“Kami sungguh bangga dapat menjadi bagian dari sebuah kampanye legendaris seperti Luggage Trade-in 2023 dimana kami dapat menunjukkan kehebatan manfaat produk daur ulang dalam pemeliharaan lingkungan. Kami tentu berharap produk upcycle ini bisa membawa senyum bagi komunitas dan keluarga,” tutur Hafizh.