Jaringan klinik kecantikan ternama, ERHA Group, menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dengan meluncurkan mesin daur ulang kemasan kosmetik yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.
Diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi pada 22 April 2024, inovasi bernama Cosmetic Reverse Vending Machine ini merupakan bagian dari program Start to Change yang sudah dijalankan oleh ERHA Group sejak 2022.
Langkah ini didorong oleh meningkatnya sampah plastik di Indonesia yang diakibatkan oleh tren penggunaan kosmetik. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan, ERHA Group merasa punya tanggung jawab untuk turut berkontribusi dalam mengatasi permasalahan ini.
Cosmetic Reverse Vending Machine menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali dan mendaur ulang berbagai jenis kemasan kosmetik bekas pakai dari berbagai merek.
Konsumen cukup memasukkan kemasan kosmetik bekas mereka ke dalam mesin, dan mesin akan secara otomatis mendeteksi jenis kemasan dan memberikan hadiah poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai benefit di situs ERHA Group.
Seluruh kemasan kosmetik bekas pakai yang terkumpul akan dikelola secara rutin untuk didaur ulang kembali oleh mitra ERHA, yaitu Plasticpay yang bekerja sama dengan sejumlah mitra UMKM binaan.
Head of Corporate Affairs Arya Noble (induk perusahaan ERHA), Oemar Saputra, menjelaskan dalam siaran pers bahwa mesin ini adalah langkah preventif dari ERHA untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, sebelum kondisinya bertambah parah.
Hingga saat ini, program Start to Change diklaim telah berhasil mengumpulkan 623.521 kemasan kosmetik bekas pakai dan telah mengelola sebanyak 16 ton kemasan kosmetik bekas pakai ERHA, serta mengajak 37.735 konsumen untuk berpartisipasi.
Cosmetic Reverse Vending Machine tak ubahnya kelanjutan dari komitmen ERHA Group dalam menerapkan bisnis sirkular berkelanjutan. Harapannya, inovasi ini dapat membantu konsumen mengurangi dan mengelola smapah kosmetik bekas pakai dengan mudah dan bermanfaat.
Mesin daur ulang inovatif ini pertama kali diluncurkan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Sejauh ini belum ada kepastian apakah ERHA Group berniat untuk memperluas jangkauannya ke lokasi-lokasi lain di Indonesia.
Gambar header: SINDOnews